Tips Memilih Makanan Bayi Usia 6 Bulan Yang Sehat dan Mudah

Makanan Untuk Bayi 6 bulan

Bunda perlu ketahui bahwa bayi yang telah menginjak usia 6 bulan berarti sudah waktunya untuk diberika MPASI (Makanan Pendamping ASI). Makanan untuk bayi 6 bulan ini sangatlah diperlukan untuk menambah asupan gizi dan nutrisi perkembangan fisik bayi. Sebab pada usia 6 bulan itulah bayi sudah mulai bisa mencerna makanan dengan baik walaupun masih belum bisa dikatakan sempurna. Tapi dengan keadaan yang seperti ini berarti bayi sudah harus diberikan asupan makanan tambahan untuk menyempurnakan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh bayi.

Pemilihan makanan pendamping yang tepat untuk bayi usia 6 bulan sangatlah berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi bunda. Ketika ingin memberikan makanan untuk bayi 6 bulan ada bebrapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah tekstur makanan yang dipilih, karena pencernaan yang belum sempurna bayi harus mengkonsumsi makanan yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.

Selain memberikan asupan gizi dan nutrisi tambahan dengan memberikan MPASI juga akan mengurangi kecenderungan bayi untuk alergi terhadap jenis makanan tertentu dan juga untuk mempelajari cara mengunyah makanan dan menelannya secara perlahan-lahan.

Lalu nutrisi apa sajakah yang dibutuhkan oleh bayi usia 6 bulan? Salah satu nutrisi yang harus diperhatikan adalah protein. Bunda bisa memberikan asupan protein pada bayi usia 6 bulan dengan memberikan ikan laut, daging ayam dan daging sapi tentunya sudah digiling halus supaya dapat dikonsumsi oleh bayi usia 6 bulan. Selain protein tubuh bayi juga butuh kabohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Semua itu harus bunda lengkapi demi pertumbuhan yang baik pada sang buah hati.

Makanan untuk bayi 6 bulan

Nah, berikut ini ada beberapa resep makanan untuk memanuhi kebutuhan gizi sang buah hati bunda yang masih berumur 6 bulan, silahkan baca baik-baik ya bunda.

1. Bubur Susu

Cara membuat bubur susu sangatlah mudah, bunda hanya membutuhkan 1 sdm tepung beras dan 200 ml susu formula. Caranya cukup larutkan tepung beras menggunakan sedikti susu formula lalu campurkan semua bahan dengan cara dimasak sampai agak mengental lalu jadi deh bubur susunya. Tapi bunda harus perhatikan ketika ingin memberikan kepada si bayi saringlah terlebih dahulu supaya tidak ada tepung yang menggumpal karena akan berakibat fatal pada tenggorokan dan pencernaan bayi.

2. Bubur Pure Kacang Hijau

Untuk membuat bubur pure kacang hijau juga relatif mudah, siapkan kacang hijau 2 sdm yang sudah dicuci dengan air bersih, air 200cc dan 50 cc ASI perah atau susu formula. Caranya cukup rebus kacang hijau tadi dengan api sedang selama 20 menit kemudian haluskan kacang hijau lalu saring supaya terpisah dengan kulitnya. Tapi jangan sekali-kali menghaluskannya menggunakan blender cukup pakai sendok saja juga boleh. Kemudian sampurkan air rebusan kacang hijau dan susu supaya menjadi bubur menjadi lebih encer dan mudah dicerna oleh si bayi.

3. Bubur Pure Alpukat

Membuat bubur aplukat bisa dibilang yang paling mudah, caranya cukup blender daging buah aplukat dengan ASI perah atau susu formula sampai halus, jadi deh bubur alpukatnya. Tinggal suapkan saja ke bayi bunda.

4. Bubur Pisang

Selain buah alpukat ada juga buah pisang yang sudah menjadi andalan bunda-bunda ketika memberikan asupan makanan tambahan untuk bayi 6 bulan. Untuk membuat bubur pisang juga mudah siapkan saja 1 buah pisang ambon dan susu formula atau ASI perah. Tinggal haluskan saja pisangnya lalu campurkan dengan susu yang sudah tersedia. Mudah bukan? Silahkan bunda pilih sendiri resep mana yang paling cocok untuk bayi bunda. Selamat mencoba.
Share on Google Plus

About Alamanda Bulan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar