Efisiensi Fungsi Kartu E-Toll Untuk Pengguna Jalan Toll

Penggunaan E-Toll Untuk Semua Pengguna Jalan Toll
Siapa yang tidak kenal dengan jalan toll yang disebut juga dengan jalan bebas hambatan. Semua orang sudah pernah melewatinya, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengetahui soal jalan bebas hambatan ini. Tahukah kita bahwa kini sudah diberlakukan aturan baru di jalan toll yakni GTO.

GTO ini adalah aturan baru yang mengharuskan para pengguna jalan toll untuk memiliki kartu pembayaran elektronik. Tuiuannya adalah untuk memudahkan proses transaksi, menghindari peredaran uang palsu dan menghindari kesalahan dalam memberikan uang kembalian.
  1. Kesalahan memberikan uang kembalian meniadi salah satu hal yang akan dibasmi dengan menggunakan e-toll ini. Dimana kesalahan ini sering dialami oleh para pengguna jalan toll saat membayar biaya administrasi di gerbang toll. Alhasil pelanggan menjadi kecewa. Jika sekali dua kali menggunakan jalan toll tidak masalah, namun bagaimana jika setiap hari jalur yang kita lewati haruslah jalan tol. Maka kesalahan uang kembalian akan didapatkan selama berkali-kali. Apalagi tarif jalan toll yang memang mengharuskan uang kembalian jka memang uang yang dibayarkan adalah uang yang utuh. Jika sudah menggunakan e-toll kita tidak perlu menunggu uang kembalian. Sudah secara otomatis menghitung sendiri tarif yang akan diambil untuk administrasi masuk jalan toll. 
  2. Peredaran uang palsu. Poin ini juga menjadi poin masalah yang sering dialami oleh para pengguna toll. Uang kembalian dan uang pembayaran yang tidak seberapa membuat para pengguna tol dan petugas gerbang tol pun kurang jeli mengecek keaslian uang. Seribu dua ribu jika uang palsu pun akan membuat kerugian. Untuk meminimalisir kerugian ini, maka dibuatkan gerbang toll dengan sistem GTO. Pengguna bertransaksi dengan kartu elektronik tanpa harus mengeluarkan uang tunai.
  3. Kecepatan transaksi pun akan menentukan perubahan layanan yang akan dialami oleh para pengguna jalan toll. Di mana tranasaksi yang dilakukan ini masihlah di awal perjalanan, karena dilakukan di gerang toll. Jika baru mau masuk toll saja sudah mendapatkan macet di gerbang toll, maka akan membuat para pengguna toll bad mood. Sudah merasa terhambat di gerbang toll. Padahal jalan toll harusnya jalan bebas hambatan. 
Bukan hanya hambatan di tengah perjalanan saja, melainkan hambatan di awal masuk jalan toll. Jika menggunakan kartu e-toll maka sudah dipastikan bahwa transaksi akan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan sedikit pun. Arus masuk jalan toll pun akan anti macet. Bahkan mesin otomatisnya akan menentukan apakah e-toll telah difungsikan dengan baik atau belun, sehingga plang akan dibuka untuk pengguna jalan toll yang telah transaksi dengan e-toll.

Ketiga poin penting tersebut adalah poin utama yang membuat diberlakukannya sistem e-toll. Selain itu, ketiga poin tersebut juga adalah manfaat dari penerapan sistem GTO.
Share on Google Plus

About Alamanda Bulan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar