Ini Bukti Rumah Minimalis Tidak Selalu Sempit

Rumah Kecil Namun Tetap Terlihat Luas

Rumah minimalis menjadi salah satu konsep tempat tinggal yang berukuran kecil namun tetap memiliki minat yang tinggi di Indonesia. Terutama di beberapa kota besar yang minim ketersediaan lahannya, mereka memilih untuk tinggal di rumah minimalis yang menjadi opsi selain memilih hunian vertikal seperti apartemen. Rumah minimalis sering kali berkaitan dengan luas lahan yang sempit dan sering kali dipermasalahkan oleh beberapa orang. Tak hanya sempit, dampak lainnya adalah rumah minimalis jadi terkesan gelap karena jumlah jendela yang sedikit dan juga rumah jadi terlihat berantakan karena tempat untuk menyimpan yang terbatas.

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, Anda bisa menyiasati agar rumah Anda tidak jadi sempit. Karena permasalahan sebuah rumah akan jadi sempit atau tidak adalah berasal dari bagaimana Anda bisa memanfaatkan ruang dengan baik dan optimal. Karena itu, simak beberapa tips di bawah ini untuk menyiasati rumah minimalis yang berukuran kecil.

1. Warna yang Tepat

Salah satu hal yang paling penting dan menjadi kunci agar rumah Anda jadi terlihat lebih luas adalah dengan memilih warna cat tembok dengan tepat. Untuk rumah minimalis, pilihlah cat dengan warna-warna terang seperti warna putih, abu-abu terang, dan warna-warna pastel. Sama juga halnya dengan memilih warna untuk furnitur, pilihlah yang berwarna terang. Salah satu alasan mengapa Anda harus memilih warna terang adalah karena warna terang dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan jadi lebih terang dan terasa luas.

2. Optimalkan Bagian Luar

Jika bagian dalam rumah sudah terlalu sempit, nampaknya Anda juga perlu memanfaatkan bagian luar rumah dengan baik. Terutama jika ada taman berukuran kecil. Anda bisa memanfaatkannya dengan dua buah sofa atau kursi kecil dan sebuah meja kopi dan membuat teras berukuran kecil di sana. Letakkan juga tanaman di dinding untuk menghemat tempat.

3. Pasang Cermin

Trik untuk memasang cermin sudah menjadi salah satu cara yang cukup berhasil untuk memberikan kesan ruangan jadi terlihat lebih luas karena efek dari pantulan bayangan, terutama pantulan cahaya. Gunakan cermin dengan ukuran yang besar dan letakkan di tempat yang tepat agar fungsi cermin tersebut jadi optimal.

4. Ruang Sisa

Taka da salahnya juga untuk memanfaatkan bagian sudut ruangan yang masih tersisa dan kosong. Anda bisa membuat rak tempel dan rak gantung yang menempel di sudut ruangan. Jika Anda sering mengoleksi buku, sudut ruangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk dijadikan rak buku.
Tak hanya area sudut, ada beberapa area yang mungkin terlihat sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi, tapi ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk jadi tempat penyimpanan, loh! Misalnya, bagian bawah tempat tidur yang bisa dibuat lemari untuk menyimpan baju, sepatu, atau benda-benda lainnya. Bagian kamar mandi juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat lemari tempat menyimpan berbagai macam peralatan kamar mandi Anda.

5. Serbaguna

Salah satu cara untuk menghemat tempat yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan peralatan yang multifungsi. Karena Anda dapat menghemat tempat dengan menggunakan satu benda yang memiliki dua fungsi yang berbeda. Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli dua peralatan yang berbeda, karena ada peralatan serbaguna. Misalnya, saat ini sudah ada beberapa jenis pendingin udara yang juga berfungsi sebagai pemurni udara dan penangkap nyamuk. Untuk beberapa furniture yang multifungsi juga bisa menambah nilai estetika pada ruangan karena memberikan bentuk yang unik dan menarik.
Share on Google Plus

About Alamanda Bulan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar