5 tips diet sehat untuk ibu hamil

Diet Sehat Ala Ibu Hmil

Keluhan yang sering dialami ibu-ibu ketika sedang hamil adalah melonjaknya berat badannya dari berat normal, yang mulanya hanya 45 kg tau-tau naik hingga 60 kg padahal idealnya jika wanita sedang hamil akan mengalami lonjakan maksimal 12-15 kg saja. Bagi ibu hamil yang mengalami hal semacam itu sangat penting untuk mengatur berat badannya kembali supaya lebih ideal, tentu pilihannya adalah diet untuk ibu hamil menurunkan berat badan.

Ibu yang sedang hamil harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sehari-harinya. Ingat bahwa ketika ibu hamil asupan makanan yang masuk ke perut tidak hanya untuk sang ibu saja tapi si calon bayi pun akan menyerap makanan yang  masuk. Maka menjadi sangat wajar jika porsi makan yang Anda konsumsi ketika hamil dan tidak hamil tentu sangat berbeda karena ada si cabang bayi dan ibunya yang butuh butrisi cukup.

Saat masa kehamilan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga berat badannya dan mengatur pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Hal ini bermaksud agar ibu hamil tetap sehat dan tidak kelebihan berat badan alias obesitas kehamilan. Pada 3 bulan pertama memang berat badan ibu hamil tidak akan melonjak drastis, karena pada masa ini masih dibarengi mual-mual dan muntah yang masih mengganggu perkembangan janin. Namun pada bulan ke empat hingga ke enam pertumbuhan janin akan semakin cepat sehingga berat badan sang ibu hamil akan melonjak drastis ditambah lagi pada 3 bulan terakhir tentu berat badan ibu hamil akan terus bertambah naik.

Tapi, jika ibu hamil tak memperdulikan pola makan sehat dan baik yang difikirkan hanyalah kenyang tentu kenaikan berat badan yang berlebih tidak akan bisa dihindari. Berbagai makanan sumber lemak jahat menjadi kudapan sehari-hari contohnya, gorengan dan berbagai macam camilan.

Diet untuk ibu hamil dilakukan bukan seperti wanita biasa yang harus mengurangi porsi makannya namun bagi ibu hamil yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan yang baik dan sehat. Ketika wanita hamil memang sering ada naluri perut yang ingin selalu diisi. Hal semacam ini harus dihindari karena akan membuat badan Anda naik tanpa adanya rem. Berikut akan saya berikan beberapa tips diet sehat untuk ibu hamil.

1. Sarapan
Ketika sedang diet hamil maka sarapan menjadi hal yang wajib dilakukan rutin setiap harinya. Pilihlah makanan bernutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan Anda dan janin. Hal ini dimaksudkan agar nafsu untuk ngemil hilang, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa dengan rutin melakukan sarapan setiap hari maka keinginan tubuh untuk ngemil akan hilang. Selain itu dengan sarapan ibu hamil akan menghindarkan Anda dari sakit kepala dan mual-mual.

2. Makanan Berserat
Makanan berserat dapat Anda temukan ddalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Fungsi mengkonsumsi makanan berserta adalah untuk mekancarkan pencernaan. Rutinilah untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari demi kesehatan Anda dan janin Anda serta berat badan Anda yang tidak melonjak naik. Namun jika Anda masih mengkonsumsi makanan-makanan manis yang tidak alami maka tubuh Anda akan sering terasa lapar dan membuat nafsu makan untuk ngemil naik. Jadi hindarilah makanan manis supaya janin Anda tetap tumbuh dengan baik.

3. Minum Air Putih
Tubuh manusia membutuhkan banyak cairan supaya tetap sehat dan fresh terlebih lagi bagi ibu hamil, dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh makan tubuh ibu hamil akan terasa sehat dan bugar. Selain itu dengan mengkonsumsi 8 gelas air ptuih setiap hari tubuh Anda akan terasa cukup kenyang sehingga perasaan ingin makan cemilan akan hilang.

4. Mengolah Makanan Dengan Dikukus Atau Direbus
Dengan mengkonsumsi makanan yang dikukus ataupun diirebus tentu akan sangat baik ketika Anda sedang melangsungkan diet ibu hamil. Sebab cara masak semacam ini tentu akan terhindar dari pemakaian minyak goreng yang biasanya menjadi sumber lemak jenuh dan membuat berat badan naik.

5. Buatlah Daftar Menu Makanan
Untuk memoermudah mengatur pola makan ibu hamil tentu dengan membuat daftar menu maknan akan mempermudah Anda mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Tempelkan daftar ini di tempat yang sering Anda lihat seperti di pintu kulkas ataupun di dinding dapur Anda sehingga dengan mudah Anda untuk membacanya.

Nah itulah sedikit tips dari saya, mudah untuk dilakukan bukan? Selamat mencobanya dan semoga diet hamil Anda sukses sesuai harapan Anda. Semoga para ibu hamil selalu sehat dan berat badan Anda tetap ideal saat menjalani masa kehamilan.
Share on Google Plus

About Senja Faramida

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar